Bagi-Bagi Cerita Sang Penerima Beasiswa Confucius Institute Dua Semester (Bagian 1 dari 3)

    Halo Sobat IndoPanda! Selamat datang kembali di blog Indopanda.co.id. Pertama-tama, mohon perkenalkan, saya adalah salah satu sahabat dekat IndoPanda yang biasa dipanggil Zhaafirah. saya adalah seorang mahasiswi semester 7 jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin yang masih aktif kuliah di salah satu universitas di Indonesia.

        Kali ini saya akan membagikan sedikit cerita dan pengalaman seputar beasiswa CI atau kependekan dari Confusius Institute nih! Jadi ceritanya, Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah S.W.T., pada hari Senin, tanggal 19 Juli 2021 saya menerima sebuah surel yang menyatakan berkas pendaftaran beasiswa CI saya tahun ini telah diterima! Surel tersebut dikirim oleh 国际中文教师奖学金系统 (baca: Guójì zhōngwén jiàoshī jiǎngxuéjīn xìtǒng) atau sistem penyedia beasiswa Confucius Institute itu sendiri. 

         Beasiswa yang saya ajukan adalah beasiswa kuliah periode satu tahun di Universitas CCNU alias Central China Normal University. CCNU adalah salah satu Universitas yang terletak di Kota Wuhan, China. Jadi, saya akan menjalani studi selama satu tahun atau dua semester di universitas ini. Menjalani perkuliahan dua semester di sini, selain akan belajar Bahasa Mandarin, pastinya saya juga akan belajar kebudayaan dan sejarah China. Namun, saya mendapatkan kabar yang menyatakan bahwa akibat angka statistik kasus virus Covid-19 yang masih tinggi di seluruh belahan dunia, maka tahun ini saya belum bisa pergi dan belajar di China langsung. Saya hanya bisa mengikuti kelas daring sebagaimana yang sudah lumrah dilakukan sejak dua tahun belakangan ini. Namun, Laoshi (panggilan guru dalam Bahasa Mandarin) penanggung jawab beasiswa juga mengatakan bahwa bulan Maret tahun depan saya dan satu teman saya yang lain tetap memiliki kemungkinan untuk berangkat ke Negeri Tirai Bambu sana! Sambil menunggu harapan itu sampai terwujud, saya mau berbagi cerita seputar beasiswa CI dulu deh! Seperti; apa sih beasiswa CI itu, bagaimana cara mendaftarnya, apa saja dokumen yang harus kita siapkan, dan masih banyak hal lainnya. Eits, tapi di artikel bagian ini saya tidak mungkin membahas semua itu, artikel akan lanjut ke bagian dua. Jadi, jangan sampai kelewatan membaca bagian kedua juga, ya!  

Beasiswa Confucius Institute Alias International Chinese Language Teachers Scholarship

  Beasiswa CI

Tunjangan Hidup Setiap Bulan Beasiswa Confucius Institute

Beasiswa CI ini adalah beasiswa yang memiliki tujuan khusus untuk melatih orang luar negeri agar mereka dapat memperkenalkan kebudayaan China dan mengajarkan Bahasa Mandarin kepada warga lokal di Negara asal mereka. Karena itu, penyelenggara beasiswa ini, Hanban Confucius Institute, biasanya mewajibkan para alumninya untuk menjadi seorang pengajar Bahasa Mandarin di sebuah instansi. Beasiswa ini memberikan opsi mata kuliah seputar kebudayaan China dan Bahasa Mandarin yang beragam. Umumnya, orang yang mendaftar beasiswa periode satu semester atau dua semester seperti saya akan mengikuti tes kembali untuk penempatan kelas dan mata kuliah yang sesuai dengan level masing-masing. Kelas akan dibagi menjadi tiga jenis yaitu, beginner, intermediate, dan advanced. Seorang murid dapat mengajukan keinginan untuk pindah kelas jika merasa tidak mampu atau mampu, tetapi sekali lagi, harus melalui sebuah tes.

Menjadi Guru Bahasa Mandarin

   Seluruh mahasiswa yang menerima beasiswa CI tak pernah lupa bahwa menjadi guru setelah menempuh studi dan menyebarluaskan kebudayaan China dan Bahasa Mandarin adalah tugas yang harus mereka lakukan. Maka dari itu, mahasiswa tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan beasiswa ini, dan harus belajar Bahasa Mandarin, kebudayaan China dan semua hal yang telah diajarkan dengan baik.

Kuliah di China adalah salah satu mimpi yang benar-benar ingin saya wujudkan. Tapi, siapa yang tahu akan terjadi peristiwa apa di masa depan? Meski keberangkatan Saya menuju China tertunda saat ini, saya tetap bersyukur dapat memiliki kesempatan menerima beasiswa CI ini. Maka dari itu, bagaimana dengan kalian? Sudah dapat sedikit pandangan tentang beasiswa Confusius Institute belum? Kira-kira kalian tertarik tidak ya untuk mendaftar beasiswa ini? Kalau iya, yuk kita bahas seputar langkah dan tips and trick pendaftaran beasiswa CI di artikel bagian kedua! Jangan sampai kelewatan, ya!