Mau Belanja di Platform E-commerce China? Kamu Wajib Tahu tentang 3 Platform Top Berikut Ini!
Siapa sih yang ngga pernah belanja online? Jual-beli online, yang biasa punya sebutan keren “E-commerce”, adalah proses bisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan pelaku bisnis, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, jasa dan informasi melalui sarana elektronik.
Di China, terdapat berbagai macam platform e-commerce. Berikut beberapa platform e-commerce yang berasal dari China, check it out!
- Taobao
Aplikasi yang satu ini mungkin gak asing lagi bagi kalian kan? Taobao menjadi platform e-commerce terbesar dengan jumlah pengguna tertinggi di China loh. Taobao memiliki 710 juta pengguna aktif bulanan pada Oktober 2020. Aplikasi ini adalah e-commerce dengan terobosan yang sangat tinggi di grup pengguna internet China. Wah, keren banget kan!
Taobao menarik perhatian penggunanya ke berbagai produk lewat desain yang beragam dan berbagai promosi. Oleh karena itu, proses pembelian jadi sedikit lebih lama dibandingkan aplikasi lain. Selain itu, Taobao Mall memprakarsai acara promosi e-commerce Double Eleven Shopping Festival paling berpengaruh pada tahun 2009. Acara ini diikuti oleh platform e-commerce lainnya dan telah menjadi festival belanja tahunan terbesar di China dan seluruh dunia.
- Pinduoduo
Pinduoduo didirikan pada tahun 2015. Kerennya, hanya dalam tiga tahun pengembangan (2017-2020), Pinduoduo mampu menjadi platform e-commerce terbesar kedua di pasar China dan memiliki 400 juta pengguna aktif bulanan!
Tidak seperti Taobao, keputusan pembelian dibuat langsung di Pinduoduo. Karena aplikasi tidak menawarkan “keranjang belanja”, jadi pembelian diselesaikan secara langsung.
Ini dia model bisnis Pinduoduo secara singkat:
Tahap pertama, pengguna membagikan link produk dengan orang lain (biasanya menggunakan aplikasi WeChat). Semakin banyak orang yang mengklik link tersebut, maka pengguna yang pertama kali membagikan link tersebut akan mendapatkan harga yang lebih murah.
- JD.com
JD merupakan platform e-commerce terintegrasi terbesar ketiga di China, dengan 260 juta pengguna aktif bulanan. Fitur terbesar dari JD.com sendiri adalah bahwa akun bisnis JD yang dioperasikan sedikit lebih dari 85% dari jumlah transaksi tahunan JD.com.
Toko JD yang dioperasikan sendiri berada di bawah perjanjian antara JD.com dan merek. Merek hanya bertanggung jawab untuk memasok barang, operasi selanjutnya akan diurus oleh JD. Simpel banget ga sih? Jadi mau buka toko di JD nih.. :D
Pada saat yang sama, keuntungan paling unik dari JD.com adalah telah membentuk rantai logistik dan transportasi sendiri, yang dapat mencapai proses transportasi komoditas yang lebih cepat dan terkendali.
Itu dia beberapa platform e-commerce yang berasal dari China. Oh, iya! Aku mau gosipin yang asik2 nih soal E-commerce di China, jangan lupa ditonton ya!!
Gimana? Jadi lebih paham kan soal e-commerce di China. Kamu bisa dapet lebih banyak lagi loh tentang e-commerce Bahasa Mandarin, dari pengetahuannya sampe skill2 berbahasanya! All in one lah di IndoPanda.
Ayo buruan daftar di sini!
Leave A Comment