Tipe Pembiayaan Beasiswa Study in China

Memahami perbedaan antara berbagai jenis beasiswa sangat penting bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa terbebani oleh biaya tinggi. Dalam dunia pendidikan, terdapat beberapa jenis beasiswa yang umum ditawarkan, yaitu full funded scholarship, partial scholarship, dan self funded scholarship.Yuk, kenali lebih dalam perbedaan ketiga jenis beasiswa ini agar Anda bisa menentukan pilihan terbaik untuk melanjutkan studi bahasa Mandarin!

Full Funded Scholarship

Pembiayaan jenis ini adalah pembiayaan yang seluruhnya ditanggung oleh pemberi beasiswa. 

Biasanya pembiayaan full funded scholarship mencakup biaya kuliah, akomodasi, asuransi, hingga uang saku per bulan/nominal tertentu. 

Full Funded Scholarship yang paling populer dan diminati siswa-siswi Indonesia adalah CGS (Chinese Government Scholarship) dan juga CIS (Confucius Institute Scholarship).

Partial Scholarship

Pembiayaan jenis ini adalah pembiayaan yang sebagian biayanya ditanggung oleh pemberi beasiswa. Biasanya pembiayaan partial ini sangat beragam cakupannya. 

Ada yang hanya mencakup biaya kuliah saja, Ada pula yang mencakup biaya kuliah dan akomodasi,Ada pula yang hanya memberikan nominal tertentu yang nantinya harus dialokasikan sendiri untuk kebutuhan siswa.

Self Funded

Pembiayaan jenis ini adalah pembiayaan yang seluruh biayanya ditanggung oleh siswa. Jadi, tidak ada beasiswa dalam pembiayaan ini, sesuai namanya “self-funded” yaitu pembiayaan oleh diri sendiri. 

Meskipun terdengar “waduh, biaya sendiri, mahal dong?”, tapi ada pula beberapa program di beberapa universitas di China (bisa berbeda setiap tahunnya) yang memiliki penawaran2 khusus seperti diskon, ataupun memang biaya belajar dan biaya hidup yang masih affordable, tidak terlampau tinggi.

Kalau kamu tertarik untuk Study in China, program degree ataupun 1 year Mandarin, langsung aja DM IndoPand untuk konsultasi lebih lanjut ya!

Jangan lupa follow IndoPanda untuk informasi2 terkait Study in China & Bahasa Mandarin lainnya!